Manfaat Mempelajari Al Quran Sejak Dini

 Hadits yang diriwayatkan oleh an-Nu’man ibn Basyir 

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ

Artinya: Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR. al-Baihaqi).

Sebagai umat Islam, maka kita memiliki kewajiban untuk membaca Al-Qur’an. Untuk itu  sebagai orang tua alangkah baiknya jika kita dapat menanamkan minat si kecil untuk membaca Al-Qur’an sedini mungkin apalagi untuk seorang anak-anak yang masih memiliki daya tangkap dan daya ingat yang tinggi. Kita sebagai orang tua, memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk memberikan bekal ilmu kepada anak, baik dunia maupun akhirat. Belajar tentang ilmu agama, termasuk membaca Al-Qur’an, merupakan hal utama yang perlu diajarkan kepada anak sejak kecil.

Mutiara Harapan Islamic School Bangka memiliki program BTQ yang dapat membantu anak sejak dini untuk mempelajari Al-Qur’an karena dengan adanya program ini akan membiasakan anak untuk rutin dalam membaca Al-Qur’an,  jika rutin dalam membaca Al-Qur’an, akan meningkatkan kemampuan dan kelancaran dalam melafalkan bacaan Al-Qur’an. Hal ini akan membantu Anak anak untuk menumbuhkan rasa cintanya terhadap Al-Qur’an.

Banyak sekali manfaat dan keutamaan dari membaca Al-Qur’an khususnya untuk anak-anak, yang antara lain adalah: 

  • Mendapatkan pendidikan dan pemahaman keislaman

Hal utama yang terpenting ketika belajar Al-Qur’an untuk anak-anak yaitu memperoleh pendidikan dan pemahaman yang baik tentang agama Islam. Apabila anak mengenal Islam di usia dini, untuk waktu selanjutnya mereka akan mengisi kehidupan dengan hal-hal yang positif. Dengan belajar Al-Qur’an maka artinya anak-anak bisa memperoleh pendidikan yang baik untuk menjadi muslim sejati yang taat beragama. Terlagi melalui membaca Al-Qur’an manusia akan diberikan petunjuk oleh Allah SWT untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

  • Mendekatkan hubungan antara anak dengan kedua orang tua

Saat orang tua membimbing anak untuk menaruh minat membaca Al-Qur’an, secara otomatis orang tua akan ikut langsung mendidik dan mengawasi sendiri. Hal ini secara perlahan akan meningkatkan ikatan yang erat antara anak dan orang tua. Melalui belajar Al-Qur’an dengan orang tua, hubungan komunikasi antar orang tua dan anak-anak akan menjadi lebih dekat karena dengan proses pembelajaran Al-Qur’an tersebut akan meningkatkan komunikasi dan hubungan yang tercipta antara anak dan orang tua pun menjadi lebih dekat.

  • Menjadi keluarga yang disayang Allah SWT

Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya “Para ahli Quran ialah keluarga dan kepercayaan Allah SWT.” Dengan begitu, siapa pun yang selalu membaca Al-Qur’an maka akan diperlakukan secara istimewa dan menjadi kepercayaan Allah SWT. Selain itu, membaca Al-Qur’an juga membuat setiap orang menjadi lebih dekat dengan Sang pencipta. Keluarga yang senantiasa membaca kitab suci Al-Qur’an maka menjadi keluarga yang penuh keberkahan. Baik orang itu memahami isi Al-Qur’an maupun yang belum memahaminya, Allah SWT tetap memberikan keberkahan yang tak terhitung. Ternyata kitabullah merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dan mendekatkan diri dan keluarga kepada Allah SWT.

  • Mendapatkan ilmu pengetahuan

Bagi siapa pun yang membaca Al-Qur’an, terutama anak-anak, maka bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang melimpah. Pasalnya, seluruh ayat Al-Qur’an berisi tentang ilmu pengetahuan yang tertulis secara lengkap. Khususnya bagi anak-anak, apabila ingin belajar Al-Qur’an, di samping membacanya, juga perlu belajar tentang isi Al-Qur’an sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang luas dari berbagai generasi. Untuk itu Mutiara Harapan Islamic School membuat program BTQ selain untuk mempelajari tata cara membaca Al-Qur’an, murid murid juga akan mempelajari isi Al-Qur’an, pembelajaran dasar dasar dalam beragama, dan segala jenis ilmu pengetahuan dari dulu hingga sekarang sudah tertulis lengkap di dalam kitab suci Al-Qur’an.

Untuk itu bagi para orangtua yang mengajari dan atau memfasilitasi anaknya membaca Al-Qur’an, Allah SWT akan memberi pahala besar bagi para orangtua yang berusaha mengajarkan kitabullah kepada anaknya baik itu dengan mengajari anak secara langsung ataupun jika memang harus bekerja atau merasa kurang mumpuni dapat memfasilitasi anak untuk dapat belajar Al-Qur’an.

Hakim meriwayatkan dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, maka akan dipakaikan kepadanya sebuah mahkota yang terbuat dari nur (cahaya). Dan kedua orang tuanya akan dipakaikan dua pasang pakaian yang sangat indah tiada bandingnya di dunia ini”

Kemudian Orangtuanya akan bertanya kepada Allah, “Ya Allah, mengapa kami diperlakukan seperti ini?” Allah SWT menjawab, “Ini adalah pahala bacaan Al-Qur’an anakmu” Dalam Kitab Jam’ul Fawa’id terdapat sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Thabrani dari Anas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa mengajarkan anaknya membaca Al-Qur’an, maka dosa-dosanya yang akan datang dan yang telah lalu akan diampuni. Dan barangsiapa mengajarkan Al- Qur’an pada anaknya sehingga menjadi Hafizh Qur’an, maka pada hari Kiamat ia akan dibangkitkan dengan wajah yang bercahaya seperti cahaya bulan purnama, dan dikatakan kepada anaknya: “Mulailah membaca Al-Qur’an!” Ketika anaknya mulai membaca satu ayat Al-Qur’an, maka ayahnya dinaikkan satu derajat, demikian terus ditinggikan derajatnya hingga tamat bacaannya”

Dalam sebuah hadis disebutkan, dikutip dari Kitab Fadhail Qur’an karya Syeikh Maulana Zakariyya Al-Kandahlawy, Rasulullah SAW bersabda:

 عَن مُعَاذِنِ الجُهَنِيِ رَضَي اللٌهُ عَنَهُ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌه صَلَي اللٌهَ عَلَيهِ وَسَلَمَ مَنَ قَرَأ القُرانَ وَعَمِلَ بِمَافِيهِ اُلُبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَومَ القَيِامَةِ ضَووُهَ اَحسَنُ مِنُ ضَوءِ الشٌمسِ فيِ بُيُوُتِ الدٌنَيا فَمَا ظَنٌكُم بِالَذِيُ عَمِلَ بِهذَا (رواه احمد وابو داوود ووصححه الحاكم) 

Dari Mu’adz al Juharni berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca Al-Qur’an dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya, maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari Kiamat yang cahayanya lebih terang daripada cahaya matahari seandainya berada di rumah-rumah kalian di dunia ini” Cahaya mahkota bagi orang tua si pembaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya akan lebih terang daripada sinar matahari yang berada di dalam rumah. Jika orang tua si pembaca Al-Qur’an saja mendapatkan pahala demikian tinggi, maka tidak dapat dibayangkan besarnya pahala yang didapat di membaca Al-Qur’an itu sendiri. Demikian keberkahan dan keutamaan Al-Qur’an. Semoga Allah SWT Ta’ala berkenan mencurahkan taufik-Nya agar kita bisa mengajarkannya Al-Qur’an kepada anak dan kepada orang lain

Demikian keutamaan bagi orang tua yang mengajari anaknya membaca Al-Qur’an dan beberapa manfaat membaca Al-Qur’an yang bisa diperoleh untuk umat Islam. Bagi yang belum lancar membaca Al-Qur’an, tidak ada kata terlambat untuk belajar karena setiap orang bisa memulai dari sekarang untuk menjadi lebih baik. Mutiara Harapan Islamic School akan membantu ananda dalam mempelajari dan membaca Al-Qur’an sejak dini dengan metode pembelajaran yang akan disenangi anak anak, sehingga selain mereka belajar membaca Al-Qur’an mereka juga dapat belajar mencintai Al-Qur’an sedari awal.

Comments are closed.
Hubungi Kami
  • Jl. Kartini Utama Raya, Selindung, Kec. Gabek, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33172
  • +62 71 7910-8657
  • admin_bangka@mutiaraharapan.sch.id